DESA WADAS

Desa Wadas merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wadas terletak di bagian tengah Kecamatan Bener. Berbatasan langsung dengan Desa Kaliurip, Kaliwader, Kedungloteng, Bleber, Pekacangan, Cacabankidul dan Cacabanlor. Desa Wadas memiliki wilayah seluas 405.820 Ha dengan sebagian besar berupa tanah kering. Desa ini memiliki wilayah berupa dataran perbukitan dan lembah, dengan ketinggian 213-258 mdpl.

GAMBARAN UMUM DESA WADAS

Desa Wadas adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini berjarak 1,5 KM dari pusat Kecamatan Bener, sementara Kecamatan Bener berbatasan langsung dengan Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Desa Wadas memiliki wilayah seluas 405.820 Ha dengan 381.820 Ha berupa tanah kering dan 24.000 Ha berupa tanah sawah. Dataran di desa ini berupa perbukitan dan lembah dengan dataran tertinggi mencapai 258 mdpl. Desa Wadas dikenal sebagai salah satu desa dengan pengelolaan masyarakat yang baik. Di antaranya ditunjukkan dengan catatan sebagai desa pertama yang melunasi Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2017 dan hampir seluruh siswa-siswi tingkat SD di desa ini menerima beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo.

Perajin besek dan gula aren juga menjadi identitas lain Desa Wadas. Bahkan untuk kerajinan besek, masyarakat desa ini sering mengirimkannya hingga luar kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Klaten. Sementara untuk gula aren, pohon aren sering didapati tumbuh subur ditepian jalan. Walau begitu, mata pencarian utama masyarakat desa ini justru berkebun. Hal ini disebabkan oleh topografi tanah di Desa Wadas yang berupa tanah kering dengan ketinggian yang cukup tinggi. Cukup mudah ditemui jalanan yang sangat terjal di beberapa sudut desa.

KONDISI GEOGRAFIS

peta desa

Desa Wadas berada di daerah tengah Kecamatan Bener, Kabuaten Purworejo, Jawa Tengah. Desa ini berada di kawasan perbukitan dan lembah. Ketinggian dataran desa ini adalah 213 mdpl pada titik terendah dan 258 mdpl pada titik tertinggi. Desa ini memiliki wilayah seluas 405.820 Ha dengan rincian 381.820 Ha berupa tanah kering dan 24.000 Ha berupa tanah sawah. Dengan tanah kering seluas ini, masyarakat memanfaatkannya sebagai lahan perkebunan yang dimanfaatkan hasil produksinya maupun kayu-kayuan pepohonannya.

Kawasan Desa Wadas dibelah oleh sebuah sungai bernama Sungai Juweh. Kawasan pemukiman penduduk tersebar mengikuti aliran sungai yang membentang panjang. Wilayah administratif desa ini sendiri terbagi atas 4 RW dengan 11 RT yang mana uniknya RT di desa ini disetarakan dengan dusun atau dukuh. Walau begitu, kesebelas dukuh/RT ini hanya dipimpin oleh 4 Kepala Dukuh saja.

dusun